Mengundang Investor Pariwisata ke Wonosobo

Oleh: Indira Kartini MS


KOTA kecil Wonosobo terletak di jantungnya Jawa Tengah dianugerahi Tuhan dengan pemandangan gunung di sekitarnya yang indah. Kondisi alam seperti ini menjadikan Wonosobo sebagai kota yang sejuk dan asri. Sebuah suasana jarang dimiliki kota-kota kecil lainnya di seantero Pulau Jawa.

Anugerah dari Yang Maha Kuasa itu tentunya merupakan nilai lebih bagi Pemkab Wonosobo. Nilai lebih tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengundang investor dari dalam maupun luar negeri menanamkan modalnya di daerah ini. Dengan kondisi alam yang indah dan sejuk ini kalangan investor dapat ditawarkan untuk membangun dan mengembangkan sektor pariwisata.

Dengan masuknya aliran modal ke Wonosobo, tidak hanya berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) pemerintah kabupaten. Yang tak kalah pentingnya ikut menggerakkan perekonomian rakyat melalui subsektor pariwisata, seperti terbukanya kesempatan membuka toko-toko cendera mata, rumah makan, kios-kios buah lokal (carica dan turunannya), serta penginapan-penginapan home stay.

Wonosobo memang memiliki potensi besar sebagai pusat destinasi wisatawan Nusantara maupun asing yang ingin berlibur ke Jawa Tengah. Udaranya sejuk dengan suhu rata-rata 24 derajat celcius, cukup pas bagi para pelancong menghabiskan waktunya beberapa hari di daerah ini.

Panorama pegunungan di sekitarnya menambah betah mereka berwisata ke kabupaten ini. Gunung Sumbing dan Sindoro di sebelah timur memberi kesan tersendiri bila kita memandangnya dari kejauhan.

Pengalaman Menakjubkan

Primadona dari destinasi wisata Wonosobo tentu saja Dataran Tinggi Dieng yang berda di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.  Hanya berjarak tak lebih dari 30 kilometer saja dari kota Wonosobo, wisatawan sudah bisa menikmati suasana serta pengalaman menakjubkan di kawasan pegunungan ini. Di sini terdapat sejumlah candi Hindu kuno yang berada di tengah-tengah kawasan pegunungan.

Selain itu juga terdapat objek wisata Telaga Warna berupa danau besar yang sangat eksotis dan indah. Konon nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu  Di  yang berarti tempat yang tinggi dan Hyang yang artinya tempat para dewa-dewi. Dari dua kata itulah kemudian Dieng diartikan sebagai tempat kediaman para dewa dan dewi.

Untuk mendukung masuknya investasi, Pemerintah Kabupaten Wonosobo perlu menyiapkan regulasi-regulasinya sehingga investor merasa nyaman serta aman berinvestasi di sini. Masalah kepastian tata ruang serta keamanan menjadi penting bagi para investor agar modal yang mereka investasikan tidak sia-sia.

Agar investor berduyun-duyun masuk ke sektor wisata Wonosobo, maka pihak pemerintah kabupaten juga harus memberi kemudahan dalam hal perizinannya. Jangan dibuat berbelit-belit. (52)

– Penulis adalah Wakil Ketua Komisi Tetap Bidang Pariwisata, Seni Budaya, dan Promosi Luar Negeri Kadin Indonesia.

Sumber : http://m.suaramerdeka.com