Jakarta - Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menjadi tuan rumah International Conference of Political Parties (ICAPP) ke-26 yang diselenggarakan mulai hari ini hingga dua hari ke depan. Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menyebutkan, pertemuan tersebut juga mengundang delegasi dari Afrika, Amerika Latih dan peninjau dari Eropa. Dari pertemuan tersebut, Aburizal menambahkan, akan dicapai suatu tujuan di mana partai-partai politik ini bisa memberikan kontribusi nyata bagi perdamaian dunia.

"Kalau Indonesia, bagaimana political parties ini bisa membuat pemikiran-pemikiran atas kemajuan pada bangsa," ujar Aburizal di Ballroom 1 Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Jumat (22/4/2016).

Sementara itu, Anggota Standing Committee ICAPP Theo Sambuaga yang juga berasal dari Partai Golkar menjelaskan, sidang pengurus ICAPP dilaksanakan setahun dua kali dengan tema yang berbeda-beda setiap sidangnya. Kali ini, tema yang dibahas fokus kepada penguatan demokrasi serta mendorong pembangunan sosial dan ekonomi di negaranya masing-masing. "Termasuk clean governance," kata Theo. Ia menyebutkan, kali ini sebanyak 24 partai politik di Asia hadir. Hadir pula pimpinan dari 13 partai politik Afrika, Amerika Latin dan Karibia. Serta tiga pimpinan partai dari Eropa. "Seluruh peserta sekitar 45 political parties dari 4 benua. Peserta kira-175 150-175 seluruhnya ditambah yg dari indonesia," ucap Theo.

Meskipun hanya Partai Golkar dan PDI-P yang menjadi tuan rumah, namun Theo menegaskan partai-partai politik lain juga dilibatkan dan akan bicara pada sesi-sesi rapat yang akan diselenggarakan pada hari berikutnya. "Semua partai, Gerindra, PKB, PAN, PPP, semuanya hadir dan akan duduk di dalam sesi tersebut," kata dia.

 

Sumber : kompas.com