Kebumen - Ribuan penggemar musik dangdut memadati Alun-alun Kebumen, Rabu (25/6) siang. Mereka datang dari berbagai wilayah di Kebumen dan sekitarnya guna melampiaskan kerinduan kepada Sang Raja Dangdut Rhoma Irama.

Kehadiran Rhoma Irama ke Kebumen dalam rangka kampanye akbar pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto- Hatta Rajasa. Selama sekitar dua jam, Rhoma bersama orkes melayu Soneta Grup menyanyikan sekitar 12 lagu. Mulai dari anak kecil hingga lanjut usia tumpah ruah memadati Alun-alun pusat kabupaten berslogan "Beriman" itu.



Ya, terakhir kali Rhoma Irama datang ke Kebumen pada April 2010 saat kampanye terbuka pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Saat itu Rhoma didatangkan oleh Koalisi Kebumen Bersatu (KKB) yang mengusung pasangan Buyar Winarso-Djuwarni yang akhirnya terpilih sebagai bupati periode 2010-2015. Sebelumnya lagi Rhoma Irama pernah menggelar konser di Kebumen sekitar tahun 1976.

Selain menyanyikan lagu-lagu hits miliknya, seperti Satu Hati, Judi, Adu Domba, Perjuangan dan Doa serta lagu-lagu lainnya, Rhoma mengingatkan kepada masyarakat Kebumen agar pada 9 Juli mendatang warga Kebumen menggunakan hak pilihnya.

"Jaga ukhuwah Islamiyah, persatuan dan kesatuan dan menciptakan pemilu presiden penuh dengan persaudaraan tanpa permusuhan," ujar Rhoma Irama saat mengakhiri lagu berjudul "Stop".

Penggemar Berat

Di antara ribuan orang, salah satu penonton yang menarik perhatian ialah seorang perempuan lanjut usia bernama Asminah (70). Meski sudah usia lanjut, warga Desa Bandung, Kebumen itu tampak berjoget di setiap lagu yang dinyanyikan.

"Sejak muda, saya penggemar berat lagu-lagu Rhoma Irama," ujar Asminah yang merupakan seorang penyanyi lokal era tahun 1960-an itu.

Sayang keinginan Asminah untuk bersalaman dengan pujaannya itu tidak kesampaikan. Dia kalah agresif dengan para penggemar lain yang masih muda.

Dalam kampanye yang berlangsung mulai pukul 13.00 dan berakhir sekitar pukul 16.00 tampak hadir Sekjen PPP Romahurmuziy, mantan Bupati Kebumen Amin Sudibyo, Wakil Sekretaris Partai Golkar Jateng Ferry Wawan Cahyono dan petinggi partai anggota koalisi serta para relawan Prabowo-Hatta.[]

Sumber : suaramerdeka.com