SAMBUTAN
KETUA DEWAN PIMPINAN DAERAH PARTAI GOLKAR
PROVINSI JAWA TENGAH
H. WISNU SUHARDONO, SE
DALAM RANGKA
PEMBUKAAN PELATIHAN PEMBERDAYAAN USAHA KECIL
“GERAKAN AYO BANGKIT”


Assalamu’alaikum Wr. Wb
Saudara-saudara yang saya hormati,
Perkenankanlah pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kita semua mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas segala berkah dan rahmat-Nya, kita masih di beri kesehatan dan kekuatan untuk saling mendukung bagi kemajuan Bangsa Indonesia yang kita cintai.

Saudara-saudara,
Pertama-tama perkenankanlah saya mengucapkan selamat datang di Kota Semarang. Selamat datang para pengusaha kecil yang berpartisipasi dalam pelatihan ini. Para pengusaha kecil yang merupakan lebih dari 90% pelaku bisnis di Indonesia adalah golongan pekerja atau Golongan Karya. Besar-kecil, kuat-lemahnya kondisi golongan ini akan mementukan laju dan kualitas pembangunan.

Saudara-saudara,
Kita bersama menyadari bahwa usaha mikro dan kecil belum mendapatkan perlakuan sebagaimana mestinya. Para pelaku usaha mikro dan kecil belum mendapatkan akses pada pelayanan keuangan, akses informasi dan teknologi, maupun akses pasar. Lebih jauh lagi sebagian besar pelaku usaha mikro dan kecil belum mendapatkan ijin dan pengakuan, sehingga sering disebut sebagai pelaku ekonomi informal yang kepastian dan jaminan usahanya masih harus diperjuangkan.

Saya berkeyakinan bahwa memberdayakan usaha mikro dan kecil adalah pengungkit bagi perekonomian nasional dan perekonomian Provinsi Jawa Tengah. Saya juga berkeyakinan bahwa tugas untuk memberdayakan pelaku usaha mikro dan kecil adalah merupakan tugas nasional yang harus diemban oleh semua elemen bangsa termasuk partai politik.
Bagaimana upaya memberdayakan usaha mikro dan kecil akan dilakukan? Partai GOLKAR memiliki konsepsi yang dapat diringkas dengan sebutan KUAT.

  • K adalah Kurangi beban,
  • U adalah Urus ijin,
  • A adalah Akses keuangan, dan
  • T adalah Tingkatkan skill usaha.

Saudara-saudara,
Para pelaku usaha mikro dan kecil membutuhkan pertama-tama adalah pengurangan beban hidup mereka yaitu kesehatan dan pendidikan. Hal ini dilakukan dengan memastikan bahwa pelayanan kesehatan dan pendidikan sungguh menjangkau dan dimanfaatkan secara optimal. Pengusaha mikro dan kecil yang sehat dan terdidik adalah kunci bagi kemajuan ekonomi kita.

Ijin bagi pengusaha mikro adalah jaminan kepastian usaha. Bagi pemerintah, semakin banyak pengusaha yang memiliki ijin juga akan berdampak positif bagi berkembangnya ekonomi formal. Pengurusan ijin yang mudah, cepat, dan murah menjadi sebuah keharusan.

Akses keuangan merupakan isu laten yang meskipun telah coba ditangani oleh berbagai pihak, ternyata belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Pemerintah beberapa tahun terakhir mengembangkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), LSM dan lembaga keuangan juga telah mengembangkan bahwa lembaga keuangan terus berinovasi untuk dapat melayani pengusaha mikro. Menjadi tugas kita bersama untuk memastikan bahwa lembaga keuangan terus berinovasi untuk dapat melayani pengusaha mikro dan kecil.

Aspek yang terakhir dari konsep KUAT adalah tingkatkan skill usaha. Bila para pelaku usaha besar dan menengah memiliki kemudahan untuk terus menerus meningkatkan skill usaha sesuai dengan tuntutan pasar global, maka situasi yang sangat berbeda dialami para pelaku usaha mikro dan kecil. Sebagian besar dari mereka tidak memiliki kesempatan untuk meningkatkan skiil usaha. Hal ini menjadi tantangan yang harus segera kita atasi.

Saudara-saudara yang saya hormati,
Saya sangat berbesar hati, bahwa hari ini rangkaian kegiatan untuk memberdayakan pengusaha mikro melalui pelatihan akan dilaksanakan di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini akan meningkatkan skiil dan pengembangan usaha para pengusaha kecil. Partai GOLKAR merasa terhormat menjadi bagian dari kegiatan sangat strategis dan berdampak luas. Melalui prakarsa dari “Gerakan Ayo Bangkit”, Partai GOLKAR mengajak seluruh elemen bangsa untuk bahu membahu, bekerja sama dengan tindakan nyata dan berdampak luas.

Pada kesempatan ini saya ucapkan selamat bagi para pengusaha mikro dan kecil yang telah terpilih dan berkomitmen untuk mengembangkan usaha. Harapan kami, saudara-saudara sekalian dapat tetap dengan teguh, tekun, dan pantang menyerah mengembangkan usaha. Anda adalah tulang punggung perekonomian Provinsi Jawa Tengah.

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim maka secara resmi saya nyatakan membuka pelaksanaan Pelatihan Pemberdayaan Usaha Kecil ini. Semoga Allah SWT akan memberikan rahmat dan hidayah-Nya atas niat baik kita ini. Selamat berusaha dan sukses untuk kita semua.

Wassalamua’alaikum Wr. Wb


Semarang, 19 Mei 2011
DEWAN PIMPINAN DAERAH PARTAI GOLKAR
PROVINSI JAWA TENGAH




H. WISNU SUHARDONO, SE   
Ketua