SAMBUTAN KETUA DPD PARTAI GOLKAR
PROVINSI JAWA TENGAH

PADA PEMBUKAAN RAKOR BIDANG PEMUDA
DPD PARTAI GOLKAR PROVINSI JAWA TENGAH

Hotel Semesta, 19 Mei 2011


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yth.     Ketua Wantim Partai GOLKAR Provinsi Jawa Tengah
Yth.     Pengurus DPD Partai GOLKAR Provinsi Jawa Tengah
Yth.    Ketua Pengurus Daerah AMPG Provinsi Jawa Tengah
Yth.     Pengurus DPD Partai GOLKAR Provinsi Jawa Tengah
Yth.     Ketua Ormas Pendiri dan yang didirkan Partai GOLKAR Provinsi Jawa Tengah
Yth.     Ketua Pengurus DPD Partai GOLKAR Kab/Kota Se- Jawa Tengah

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT atas segala perkenannya, sehingga kita semua dapat berkumpul bersama dalam rangka Pembukaan Rapat Koordinasi Bidang Pemuda DPD Partai GOLKAR Provinsi Jawa Tengah. Teriring doa semoga Rakor ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Selanjutnya saya sampaikan apresiasi atas terselenggarannya Rakor Bidang Pemuda ini, karena acara ini akan menjadi lonceng atas kesiap-siagaan pemuda Partai GOLKAR Jawa Tengah untuk mulai berbenah dan berkiprah bagi kebesaran partai, maupun keikutsertaannya dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Sejarah telah mencatat, sejak dahulu pemuda selalu memiliki jiwa kepeloporan, serta menjadi agen utama perubahan yang telah ditunjukkan pada semua peristiwa besar di Indonesia. Nilai-nilai sejarah tersebut hendaknya harus terus dipatrikan di kalangan Pemuda Partai GOLKAR.

Eksistensi Pemuda Partai Golkar, saya harapkan dapat menjadi darah segar dan energi baru bagi partai. Dengan demikian akan muncul keyakinan kita, bahwa kelangsungan masa depan dan kebesaran partai akan selalu tetap terjaga.

Maka oleh karena itu, konsolidasi pemuda yang tercermin dalam Rakor ini harus senantiasi dipelihara secara terus menerus. Pada sisi lain harus juga harus dipastikan bahwa konsolidasi kelembagaan kekuatan pemuda Golkar mampu terselenggara hingga paling bawah. 

Hadirin sekalian yang saya hormati.

Di forum ini saya tekankan kembali, bagaimana Partai GOLKAR telah menempatkan kaderisasi sebagai bagian program yang sangat penting dan mendasar. Kaderisasi adalah salah satu faktor pemicu dan pemacu bagi keberhasilan CATUR SUKSES lainnya yang akan berpuncak pada sukses Pemilu 2014 dan Pilpres 2014. Karena sukses apapun yang ingin dicapai pasti mempersyaratkan adanya kader yang berkualitas dan militan. Kader tersebutlah yang  akan menjadi kekuatan inti, pemikir, penggerak, pelaksana yang tangguh, serta mempunyai kemampuan yang dapat diandalkan untuk menjalankan misi dan tugas kepartaian.
Maka sejalan dengan hal tersebut, salah satu visi Partai GOLKAR adalah menekankan pentingnya partai untuk menciptakan konstituen baru dan melakukan penggalangan bagi pemilih pemula, guna menggantikan konstituen tradisional (konservatif) Partai GOLKAR yang sudah mulai berkurang. 

Hadirin sekalian yang saya hormati.

Hasil Pemilu 2009, menunjukkan penurunan pemilih dari pemilu sebelumnya (2004), hal ini menunjukan bahwa terdapat andil atas kegagalan dalam merekrut pemilih pemula di tubuh Partai GOLKAR.  Hal Ini merupakan tantangan partai ke depan. Rakor pemuda ini harus dapat merumuskan dan menjawab tantangan partai tersebut. Pemuda Partai GOLKAR, saya harapkan agar mampu untuk meraih dukungan dari kalangan ini.

Kedepan, pemuda Partai GOLKAR harus dapat membuat identifikasi, agar selaras dengan pembangunan citra partai, bahwa Partai GOLKAR adalah juga sebagai partainya kaum muda.

Penggalangan bagi kaum muda, mahasiswa, dan pelajar harus dilakukan dengan startegi-strategi khusus, yaitu melalui pendekatan kultur, need dan interest, maupun harus selalu disesuaikan dengan perkembangan jaman. Inilah bagian strategi dari pencitraan. Bahwa Partai GOLKAR adalah partai anak muda, partai gaul dan partai yang dinamis, sehingga akan menempatkan bahwa Partai GOLKAR tidak hanya sebagai partai orang tua.

Hadirin sekalian yang saya hormati.


Tantangan bagi pemuda Partai GOLKAR tidaklah ringan. Terlebih lagi Saudara semua berada pada era yang syarat dengan kompetisi, maupun tantangan zaman yang begitu mengglobal, dimana percepatan serta perubahan kondisi sosial politik begitu masif.

Akan tetapi dengan keyakinan, bekerja keras, dan terus menerus senantiasa mengasah kemampuan, saya yakin saudara-saudara semua akan mampu mengemban tugas ini.

Oleh karena itu, agar kiprah,  peran dan partisipasi politik pemuda dapat diperhitungkan, maka seluruh pemuda Partai GOLKAR hendaknya memiliki:

  • KOMITMEN, yakni berketeguhan hati  dan konsistensi  yang kuat dalam memperjuangkan dan mewujudkan cita-cita bagi kebesaran partai, kemaslahatan masyarakat, bangsa dan negara. Selanjutnya, tidak terjebak pada sikap yang ambigu, tidak memiliki keteguhan hati dan komitmen bagi idealisme atau ideologi, asas perjuangan dan cita-cita.
  • INTEGRITAS, yakni  menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika. Fibrasinya dapat dirasakan dan dilihat dari sikap dan prilaku yang santun dalam berpolitik.
  • KOMPETENSI, yakni kemampuan atau kualitas sumber daya manusia menjadi modal dasar yang harus dikembangkan secara terus menerus. Kemampuan untuk memahami orang lain, mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan, mencarikan solusi merupakan proses pembelajaran dan pendewasaan  yang mesti terus menerus dikembangkan.
  • KONSTITUENSI, meliputi dukungan dan jaringan dari sebanyak-banyaknya masyarakat. Menjalin hubungan yang baik, serta membina jaringan yang telah terbangun merupakan pekerjaan yang tidak boleh diabaikan dalam segala kiprah perjuangan. Karena bagaimanapun juga mendulang kepercayaan harus dilakukan dengan cara-cara yang elegan, sehingga pihak yang dipengaruhi tidak merasa direndahkan dan atau senang untuk memberikan dukungan.

Hadirin sekalian yang saya hormati.

Akhirnya, saya menyampaikan selamat mengikuti seluruh rangkaian Rakor Bidang Pemuda Partai GOLKAR Provinsi Jawa Tengah ini. Dan dengan mengharap Ridlo Allah SWT, saya selaku Ketua DPD Partai GOLKAR Provinsi Jawa Tengah mengucapkan BISMILLAHIRAHMANIROHIIM.., menyatakan pelaksanaan RAPAT KOORDINASI BIDANG PEMUDA DPD PARTAI GOLKAR PROVINSI JAWA TENGAH dinyatakan dibuka secara resmi.

SELAMAT BERJUANG

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

DEWAN PIMPINAN DAERAH
PARTAI GOLKAR
PROVINSI JAWA TENGAH

WISNU SUHARDONO
KETUA