Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Update News Golkar » Bupati Karanganyar Juliyatmono Pesan Al-Quran Akbar, sebagai Icon di Masjid Agung Madaniyah

Bupati Karanganyar Juliyatmono Pesan Al-Quran Akbar, sebagai Icon di Masjid Agung Madaniyah

(29 Views) April 20, 2022 1:39 am | Published by | No comment
Bupati Karanganyar sekaligus Sekretaris DPD Partai Golkar Jateng, Juliyatmono saat memulai untuk pembuatan Al Quran Akbar yang nantinya akan dibawa ke Masjid Agung Madaniyah Karanganyar. Foto Ist

GOLKAR JATENG – Bupati Karanganyar sekaligus Sekretaris DPD Partai Golkar Jateng, Juliyatmono, kembali berencana membuat Al-Quran Akbar sebagai salah satu icon khusus di Masjid Agung Madaniyah Kabupaten Karanganyar.

Al Quran berukuran besar ini, nantinya akan bisa dilihat oleh masyarakat atau jemaah yang datang ke Masjid Agung Madaniyah, yang sebelumnya dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karanganyar sebesar kurang lebih Rp 101 miliar tersebut.

Hal tersebut disampaikannya disela kunjungan kerja di Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo pada, Selasa(19/4/22).

“Kami sengaja datang ke UNSIQ ini karena di kampus ini selain menjadi kampungnya Bupati dan Walikota yang ada di Jawa Tengah, juga dikenal sebagai salah satu kampus yang memproduksi Al Qur’an dengan ukuran besar dan ditulis dengan menggunakan tangan, secara manual,” terang Juliyatmono.

“Kami akan buat itu (Al Quran Akbar – red) itu untuk Masjid Agung Madaniyah, hari ini bertepatan dengan malam 17 Ramadhan kita awali, yakni dengan menuliskan huruf (Ba’) dan nanti setahun kemudian saya akan kembali lagi untuk menutup dengan tulisan huruf (Syin),” lanjut Bupati Karanganyar tersebut.

Lebih lanjut Juliyatmono mengungkapkan, tidak hanya bekerjasama dalam pembuatan Al Quran akbar, pihaknya juga mengharapkan agar nantinya UNSIQ juga bisa menjalain kerjasama dengan Kabupaten Karanganyar, untuk bisa mengembangkan wisata religi yang saat ini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat.

“Banyak lokasi – lokasi religi di Karanganyar, dan nanti akan bisa kita kolaborasikan. Nanti tolong temen – temen OPD dan kepada pak Rektor bisa nanti kalau mau menjalin kerjasama dengan Karanganyar, Masjid Agung Madaniyah saat ini sudah bisa kita fungsikan dan nanti akan dapat untuk dikembangkan bersama – sama,” terangnya..

“Termasuk, saya harap dengan adanya Al Quran Akbar nanti, dapat menjadikan jiwa masyarakat di Karanganyar itu semakin cinta dengan bacaan dan gemar untuk membaca Al Quran,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Golar Jateng tersebut.

Sementara, Ketua Yayasan YPIIQ Heru Irianto, dalam sambutannya menerima kedatangan Bupati Karanganyar bersama dengan sejumlah kepala OPD lainnya mengaku, bahwa dalam pembuatan Al Quran Akbar tersebut nantinya akan dibuat oleh sekitar tujuh orang yang nanti akan menulis secara bergantian.

Selama menuli Al Quran Akbar, ketujuh orang tersebut harus bersih dari hadas besar maupun hadas kecil, atau wajib selalu suci.

Direncanakan dalam pembuatan Al Quran Akbar tersebut, nantinya akan berukuran yakni 1,5 X 1 meter. Dan akan ditulis selama kurang lebih 1 tahun, sejak tanggal 17 Ramadhan 2022 hingga nanti tanggal 17 Ramadhan tahun 2023 mendatang.

“Untuk bobot Al Quran itu nanti hampir 1 ton, kertasnya juga khusus berbeda dengan kertas yang lainya. Al Quran Akbar yang akan dibawa ke Masjid Agung Madaniyah nanti adalah Al Quran Akbar yang ke 13 setelah pembuatan Al Quran Akbar sebelumnya yang dipesan oleh Walikota Probolinggo,” terang Heru. ***

Categorised in:

No comment for Bupati Karanganyar Juliyatmono Pesan Al-Quran Akbar, sebagai Icon di Masjid Agung Madaniyah

Leave a Reply

Your email address will not be published.